FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROPOSAL
AUGMENTED REALITY BANGUN
RUANG
Nama Kelompok :
1.
Bagus Panghegar
(51415253)
2. Muhamad Kahfi Kusuma (54415396)
3. Muhammad Didi Nugroho (54415540)
Jurusan : Teknik Informatika
Dosen : Rheza Andika
Diajukan Guna Melengkapi Sebagian Syarat Dalam Tugas
PENGANTAR BISNIS
INFORMATIKA
JAKARTA
2018
KATA
PENGANTAR
Segala puji dan
syukur kami panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa karena berkat rahmat-Nya kami
bisa membuat proposal ini dengan baik.
Adapun maksud dan
tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi persyaratan salah
satu tugas yang diberikan oleh dosen pada mata kuliah Pengantar Bisnis
Informatika.
Dalam proses
penyusunan tugas ini penulis menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil
dari berbagai pihak, akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan
cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini penulis menyampaikan terima
kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah
membantu terselesaikannya tugas ini.
Demikian yang dapat
kami, penulis, sampaikan. Harapan kami adalah semoga tugas contoh proposal ini
dapat bermanfaat bagi setiap pembaca.
‘
Depok, November 2018
Penulis
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan
teknologi pada masa kini begitu pesat, tidak hanya di bidang kesehatan,
pertanian, transportasi, keamanan maupun di bidang Pendidikan. Teknologi sangat
dibutuhkan bagi masyarakat untuk mempermudah pekerjaan terutama teknologi
dibidang Pendidikan salah satunya adalah bagi guru.
Guru adalah profesi
yang mulia karena ditangan merekalah masa depan bangsa ini di tentukan. Namun
menjadi seorang guru tidaklah mudah terutama dalam mengajarkan pelajaran
matematika yang di bilang cukup rumit bagi siswa-siswi tingkat dasar. Tidak
sedikit siswa-siswi yang kurang memahami pelajaran matematika terutama masalah
bangun ruang yang harus memahami rumus dan berbagai bentuk bagi tiap-tiap
bangun ruang. Pada masa kini kurangnya edukasi pada siswa–siswi dalam hal
pelajaran dikarenakan smartphone yang mereka milikinya hanya digunakan untuk
bermain game, media sosial dan yang lainnya.
Augmented
reality merupakan suatu hasil dari kemajuan teknologi yang dapat menambahkan
objek pada dunia maya di sekitar kita. Teknologi ini dapat di aplikasikan pada
smartphone. Augmented reality di bidang Pendidikan dapat membantu guru untuk
mempermudah mengajarkan siswa-siswinya dalam memahami bangun ruang terlebih
lagi karena tampilan augmented reality bangun ruang 3D lebih menarik
dikarenakan adanya definisi bangun ruang, rumus–rumus contoh pembahasan dan
animasi pada aplikasi tersebut dari pada tampilan bangun ruang melalui buku
ataupun papan tulis yang sering kita lihat.
Oleh karena itu
dari permasalahan yang di atas kami membangun sebuah perusahaan ini yang
bernama PT. FUTURE INFORMATION
TECHNOLOGY (FIT) di harapkan dengan adanya perusahaan yang kami bangun akan
membantu masyarakat dalam bidang Pendidikan.
1.2
Struktur Organisasi
Gambar
1.1 Struktur organisasi
1.3 Visi dan Misi Peusahaan
1.3.1 Visi
Visi dari
perusahaan ini adalah untuk menambahkan wawasan dan ilmu pengetahuan kepada
seluruh siswa
1.3.2 Misi
Misi dari perusahaan ini adalah membuat sebuah
aplikasi dengan teknologi augmented reality yang membuat objek digital terlihat
menjadi nyata serta membarikan sebuah informasi tentang bangun ruang,
rumus-rumus bangun ruang dan cara penyelesaiannya
1.4 Tujuan Perusahaan
1. Sebagai media pembelajaran bangun ruang dengan menggunakan teknologi
augmented reality.
2. Memberikan gambaran bangun ruang terlihat lebih real dalam bentuk 3D.
3. Mengenalkan teknologi augmented reality pada siswa–siswi.
BAB II
DESKRIPSI USAHA
2.1
Produk dan Jasa Yang di Tawarkan
Peusahaan Bisnis
“Future Information Technology” ini berdiri atas keinginan kami untuk
mencerdaskan generasi muda dan untuk mengembangkan teknologi augmented reality
agar menumbuhkan minat belajar kepada generasi muda.
Produk yang kami tawarkan
adalah sebuah aplikasi augmented reality bangun ruang dan mungkin untuk
kedepannya, perusahaan kami akan mengembangkan yang lainnya seperti jenis-jenis
alat music, jenis-jenis virus dan lainnya dengan menggunakan teknologi
augmented reality. Produk ini masih berbasis android dan di rencanakan akan
menjadi berbasis desktop
2.2
Analisis Pesaingan
Berdasarkan survey yang telah didapat aplikasi augmented
reality bangun ruang ini sangat inovatif dan juga sangat bermantaat bagi
generasi muda. Karena yang telah kita ketahui mungkin banyak perusahaan lain
yang menghasilkan augmented reality juga namun mereka menggunakan teknologi
augmented reality dalam bidang hiburan saja tidak dalam bidang Pendidikan.
Dengan demikian produk dari perrusahaan kami ini merupakan aplikasi yang
menerobos gagasan baru dan dapat bersaing dengan produk lainnya.
2.3 Segementasi Pemasaran
Perusahaan yang bergerak di pembuatan aplikasi augmented
reality dengan user friendly ini menunjuk sekolah-sekolah dasar untuk menggunakan
produk aplikasi berbasis augmented reality . dikarenakan aplikasi ini
memudahkan murid-murid atau generasi muda dalam memahami pelajaran bangun ruang
dan juga dengan aplikasi ini memudahkan para guru dalam menerangkan pelajaran
yang mengenai bangun ruang dan juga siswa dapat mengetahui bentuk 3D dari suatu
bentuk-bentuk bangun ruang
BAB
III
RENCANA
PEMASARAN
3.1 Komponen Biaya dan Anggaran
Harga produk yang akan kami tawarkan adalah harga yang
telah di perkirakan untuk dapat di jangkau oleh masyarakat ataupun sekolah
dasar. Hal itu telah kami perhitungkan dengan cukup matang yang pada akhirnya
kami tetapkan harga sesuai dari jenis dan kegunaan aplikasi serta fitur yang
ada di dalamnya. Kami menawarkan harga pemakaian produk berdasarkan jangka
waktu sebagai berikut :
·
1 bulan dengan harga Rp. 100.000.00
·
3 bulan dengan harga Rp. 300.000.00
·
6 bulan dengan harga Rp. 700.000.00
·
1 tahun dengan harga Rp. 1.000.000.00
·
2 tahun dengan harga Rp. 2.500.000.00
Jika Aplikasi Sudah melakukan Update dan menambahkan
fitur-fitur baru dan bisa di gunakan disemua platform:
·
1 bulan dengan harga Rp. 400.000.00
·
3 bulan dengan harga Rp. 600.000.00
·
6 bulan dengan harga Rp. 1.900.000.00
·
1 tahun dengan harga Rp. 3.000.000.00
·
2 tahun dengan harga Rp. 6.000.000.00
3.2 Strategi Pemasaran
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan yang kami bangun antara
lain :
·
Melakukan penawaran aplikasi pada masing-masing
sekolah ataupun masyarakat
·
Menyebarkan produk aplikasi berbasis augmented reality
dengan mendatangi seolah dan menjelaskan secara detail kepada murid-murid dan
pihak sekolah
·
Melakukan
mengiklanan online melalui situs jejaring sosial, dan pengiklanan di
televisi.
3.3 Prosedur Pengerjaan
Dalam proses pembuatan aplikasi berbasis android ini
memerlukan beberapa prosedur pengerjaan antara lain :
·
Perancangan aplikasi
·
Sttruktur Navigasi
·
Flowchart
·
Use Case Diagram
·
Tampilan Aplikasi
3.3.1 Perancangan aplikasi
Pada
tahap ini, kami akan menjelaskan tahapan perancangan aplikasi mengenai apa saja
yang dibutuhkan dalam pembuatan aplikasi augmented reality. Adapun
langkah-langkah pembuatan aplikasi ini akan dijelaskan pada sub bab berikut.
3.3.2 Struktur Navigasi
Struktur navigasi adalah struktur atau alur
dari suatu program. Menentukan struktur navigasi merupakan hal yang sebaiknya
dilakukan sebelum membuat suatu aplikasi.
Gambar 3.1 Struktur Navigasi Aplikasi
3.3.3 Flowchart
Flowchart merupakan tahapan perencanaan
yang memuat tentang alur program yang diinginkan dalam aplikasi, Flowchart
berfungsi untuk mempermudah dalam pembuatan aplikasi
Gambar 3.2 Flowchart Aplikasi
3.3.4 Use Case Diagram
Use case diagram digunakan untuk
menggambarkan secara ringkas siapa yang menggunakan sistem dan apa saja yang
bias dilakukannya. Use case diagram juga menggambarkan hubungan antara use
case, aktor, dan sistem.
Gambar 3.3 Use Case Diagram
3.3.5 Tampilan Aplikasi
Berikut ini adalah tampilan awal pada aplikasi
perusahaan kami :
Gambar 3.3 Main Menu
Gambar 3.4 Definisi
Kubus
Gambar 3.5 Jaring-jaring kubus
Gambar 3.6 Kubus
Gambar 3.7 Marker
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Demikian proposal ini kami susun dengan harapan
permohonan pendirian perusahaan yang kami dirikan dapat diterima.
Pembuatan proposal ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan
tentang peluang dalam dunia bisnis.
Dari pendirian usaha ini, kami dapat menyimpulkan bahwa
berdirinya sebuah perusahaan dikarenakan kebutuhan masyarakat dan permintaan
pasar yang sangat mendukung perkembangan perusahaan ini. Selain itu tujuan kami mendirikan perusahaan ini
adalah untuk membantu pemerintah mengurangi pengangguran di era krisis global
seperti sekarang ini dan
juga untuk mencerdaskan generasi muda.
4.2 Saran
Agar
pelaksanaan usaha dapat berjalan dengan baik dan lancar, saya memiliki beberapa
saran. Anatara lain :
- Percaya dan yakin bahwa usaha dapat dilaksanakan.
- Mempunyai etos kerja yang tinggi.
- Pandai berkomunikasi dengan orang lain.
- Tidak mudah berputus asa.
- Mau mendengarkan kritik dan saran dari orang lain.
- Mampu menghasilkan produk yang berkualitas.
- Disiplin, bertanggungjawab, kreatif dan inovatif.
- Mengutamakan kepuasan pelangga
Komentar
Posting Komentar