Analisis Logo Puma
Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan
sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.
Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa
konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo
lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa
warna dan bentuk logo tersebut.
PUMA adalah salah satu terkemuka Sports
Brands di dunia, merancang, mengembangkan, menjual dan pemasaran sepatu,
pakaian dan aksesoris. Selama lebih dari 65 tahun, PUMA telah membentuk sejarah
membuat desain produk yang cepat untuk atlet tercepat di planet ini. PUMA
menawarkan kinerja dan sportstyle produk dalam kategori seperti Football,
Running, Pelatihan dan Kebugaran, Golf, dan Motorsports. Terlibat dalam
kolaborasi menarik dengan merek desain terkenal seperti Alexander McQueen dan
Mihara Yasuhiro untuk membawa desain yang inovatif dan cepat untuk dunia
olahraga. PUMA Group memiliki merek PUMA, Cobra Golf, Dobotex dan Brandon .
Perusahaan ini mendistribusikan produk-produknya di lebih dari 120 negara,
mempekerjakan lebih dari 10.000 orang di seluruh dunia, dan berkantor pusat di
Herzogenaurach / Jerman.
Sejarahnya Puma
PUMA merupakan perusahaan asal Jerman yang
bergerak di bidang penyedia pakaian serta perlengkapan olahraga. Pada awal
kemunculannya tahun 1924, PUMA didirikan oleh Rudolf dan Adolf Dassler yang
membuka perusahaan yang bernama “Gebruder Dassler Schuhfabrik” yang pada
awalnya hanya terbatas pada produksi sepatu olahraga saja. Produk pertama
mereka dipakai dalam ajang olahraga Olimpiade Berlin tahun 1936. Pada waktu
itu, peraih medali emas Olimpiade Jesse Owens memakai sepatu buatan dua
bersaudara itu. Dampaknya, sejak saat itu banyak atlet kelas dunia mulai
melirik produk buatan Dassler.
Tiga tahun berikutnya perang dunia ke 2 pecah.
Bagaimanapun kedua bersaudara itu tidak bisa menyerah begitu saja untuk
alasan-alasan apapun selama keadaan perang itu. Pada tahun 1948 mereka terpecah
dan saling tidak bicara. Perusahaan terbagi jadi dua dan Adolf menamai
perusahaannya Adidas. Dan Rudolf menamai perusahaannya Puma schuhfabrik Rudolf
dassler. Keduanya jadi saling berkompetisi.
Apakah logo tersebut masih layak dijadikan sebuah logo perusahaan Puma ? menurut saya tidak karena logo tersebut sangat lah kaku dan tidak menunjukan nilai besar untuk perusahaan tersebut. Dimana kita ketahui bahwa Puma hampir ada disetiap aktivitas olahraga dari mulai, baju, celana, sepatu dengan berbagai macam, dan alat accessories lainnya
Sejarah dari Logo Puma
Sejak berdiri pada tahun 1948, tercatat
hanya sekali perubahan yang terjadi pada logo Puma. Logo lama Puma berupa
seekor puma atau singa gunung melompat di lubang huruf D yang
merupakan inisial dari keluarga, yakni Dassler. Pada tahun 1968 logo diubah
agar lebih modern. Akhirnya logo seekor puma sedang melompat menuju nama PUMA
yang tertulis dengan huruf tebal dijadikan logo resmi sampai
sekarang.
Makna dari Logo Puma
Pemilihan puma sebagai
ikon telah berhasil menciptakan brand identity yang unik dan memiliki
arti yang sangat kuat. Binatang puma atau singa gurun yang kadang juga disebut
macan kumbang adalah binatang yang sangat aktif, baik pada siang hari maupun
malam hari dan sangat ahli dalam berburu mangsa, pemburu ahli yang dapat
melompat ke maksimum 20 kaki tinggi dalam single bounce. Dengan
memasukkan makhluk dalam logo Puma, perusahaan telah diringkas arti lengkap
produk yang menjadi identitas yang kuat. Logo Puma sendiri ciri keandalan
merek dan 'produk-produknya. Logo Puma yang simple dan unik juga mudah untuk
diaplikasikan ke berbagai media iklan atau promosi, media cetak, emblem pada
produk dan sebagainya. Logo Puma sangatlah efektif dan dapat dengan mudah dimodifikasi
dalam hal ukuran, latar belakang dan warna logonya.
Menurut saya penggantian logo perusahaan atau logo produk mereka , seharusnya dirubah sedemikian rupa agar menaikan nilai jual dan mencerminkan kehebatan perusahan tersebut. Inilah beberapa hal yang saya analisa pada logo Puma yang dibawah ini.
1. Penempatan
bentuk gambar Puma
Jika kita lihat dari logo Puma ini, si
puma atau macannya itu menghadap diagonal diatasnya nama Puma tersebut, membuat
melihat logo seperti melompat diatas nama brand mereka, menurut saya itu kurang
cocok untuk melebelkan untuk logo salah satu brand olahraga yang terkenal
didunia
Oleh sebab itu, sebaiknya gambar pumanya di dalam
tulisan puma pada logo puma tersebut, biar dilihatnya menarik oleh konsumen,
dan gambar puma warnanya hitam membuat elegan terhadap gambar pumanya itu
sendiri
2. Teks
atau tulisan di logo Puma
Pada logo puma dapat kita lihat tulisan pumanya itu
dibawah gambar pumannya, menurut saya kurang cocok dan kurang menarik, dan
warna dari tulisan pumanya tersebut polos atau warna putih dan itu kurang keren
menurut saya pribadi
Seharusnya tulisan pada logo puma lebih baik digabungkan
pada gambar puma atau disatukan membuat logo puma menjadi menarik dilihat,
keren dan elegan, apalagi tulisan pumanya diwarnain warna seperti bendera
jerman
3. Background
di logo Puma
Pada background logo pumanya warna merah itu sudah
menarik, tetapi disini saya pribadi menggantikan menjadi warna putih untuk
memperpadukan pada gambar puma dan tulisannya untuk cocok dan lebih pas
menariknya
Saya harap setelah anda membaca blog ini dapat
menambah wawasan anda dan juga semua yang saya tulis disini semuanya berasal
dari opini saya pribadi tidak ada pihak manapun yang terlibat.Terima kasih
sudah membaca blog saya.
Komentar
Posting Komentar