Langsung ke konten utama

Analisis Logo Puma

Analisis Logo Puma
       Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaandaerahorganisasiproduknegaralembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.

         Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut.



PUMA adalah salah satu terkemuka Sports Brands di dunia, merancang, mengembangkan, menjual dan pemasaran sepatu, pakaian dan aksesoris. Selama lebih dari 65 tahun, PUMA telah membentuk sejarah membuat desain produk yang cepat untuk atlet tercepat di planet ini. PUMA menawarkan kinerja dan sportstyle produk dalam kategori seperti Football, Running, Pelatihan dan Kebugaran, Golf, dan Motorsports. Terlibat dalam kolaborasi menarik dengan merek desain terkenal seperti Alexander McQueen dan Mihara Yasuhiro untuk membawa desain yang inovatif dan cepat untuk dunia olahraga. PUMA Group memiliki merek PUMA, Cobra Golf, Dobotex dan Brandon . Perusahaan ini mendistribusikan produk-produknya di lebih dari 120 negara, mempekerjakan lebih dari 10.000 orang di seluruh dunia, dan berkantor pusat di Herzogenaurach / Jerman.

Sejarahnya Puma

PUMA merupakan perusahaan asal Jerman yang bergerak di bidang penyedia pakaian serta perlengkapan olahraga. Pada awal kemunculannya tahun 1924, PUMA didirikan oleh Rudolf dan Adolf Dassler yang membuka perusahaan yang bernama “Gebruder Dassler Schuhfabrik” yang pada awalnya hanya terbatas pada produksi sepatu olahraga saja. Produk pertama mereka dipakai dalam ajang olahraga Olimpiade Berlin tahun 1936. Pada waktu itu, peraih medali emas Olimpiade Jesse Owens memakai sepatu buatan dua bersaudara itu. Dampaknya, sejak saat itu banyak atlet kelas dunia mulai melirik produk buatan Dassler.

          Tiga tahun berikutnya perang dunia ke 2 pecah. Bagaimanapun kedua bersaudara itu tidak bisa menyerah begitu saja untuk alasan-alasan apapun selama keadaan perang itu. Pada tahun 1948 mereka terpecah dan saling tidak bicara. Perusahaan terbagi jadi dua dan Adolf menamai perusahaannya Adidas. Dan Rudolf menamai perusahaannya Puma schuhfabrik Rudolf dassler. Keduanya jadi saling berkompetisi.

         Apakah logo tersebut masih layak dijadikan sebuah logo perusahaan Puma ? menurut saya tidak karena logo tersebut sangat lah kaku dan tidak menunjukan nilai besar untuk perusahaan tersebut. Dimana kita ketahui bahwa Puma hampir ada disetiap aktivitas olahraga dari mulai, baju, celana, sepatu dengan berbagai macam, dan alat accessories lainnya

Sejarah dari Logo Puma
Sejak berdiri pada tahun 1948, tercatat hanya sekali perubahan yang terjadi pada logo Puma. Logo lama Puma berupa seekor puma atau singa gunung melompat di lubang huruf D yang merupakan inisial dari keluarga, yakni Dassler. Pada tahun 1968 logo diubah agar lebih modern. Akhirnya logo seekor puma sedang melompat menuju nama PUMA yang tertulis dengan huruf tebal dijadikan logo resmi sampai sekarang.               

Makna dari Logo Puma
         Pemilihan puma sebagai ikon telah berhasil menciptakan brand identity yang unik dan memiliki arti yang sangat kuat. Binatang puma atau singa gurun yang kadang juga disebut macan kumbang adalah binatang yang sangat aktif, baik pada siang hari maupun malam hari dan sangat ahli dalam berburu mangsa, pemburu ahli yang dapat melompat ke maksimum 20 kaki tinggi dalam single bounce.  Dengan memasukkan makhluk dalam logo Puma, perusahaan telah diringkas arti lengkap produk yang menjadi identitas yang kuat. Logo Puma sendiri ciri keandalan merek dan 'produk-produknya. Logo Puma yang simple dan unik juga mudah untuk diaplikasikan ke berbagai media iklan atau promosi, media cetak, emblem pada produk dan sebagainya. Logo Puma sangatlah efektif dan dapat dengan mudah dimodifikasi dalam hal ukuran, latar belakang dan warna logonya.
          

Menurut saya penggantian logo perusahaan atau logo produk mereka , seharusnya dirubah sedemikian rupa agar menaikan nilai jual dan mencerminkan kehebatan perusahan tersebut. Inilah beberapa hal yang saya analisa pada logo Puma yang dibawah ini.

1.      Penempatan bentuk gambar Puma

Jika kita lihat dari logo Puma ini, si puma atau macannya itu menghadap diagonal diatasnya nama Puma tersebut, membuat melihat logo seperti melompat diatas nama brand mereka, menurut saya itu kurang cocok untuk melebelkan untuk logo salah satu brand olahraga yang terkenal didunia
Oleh sebab itu, sebaiknya gambar pumanya di dalam tulisan puma pada logo puma tersebut, biar dilihatnya menarik oleh konsumen, dan gambar puma warnanya hitam membuat elegan terhadap gambar pumanya itu sendiri

2.      Teks atau tulisan di logo Puma

    Pada logo puma dapat kita lihat tulisan pumanya itu dibawah gambar pumannya, menurut saya kurang cocok dan kurang menarik, dan warna dari tulisan pumanya tersebut polos atau warna putih dan itu kurang keren menurut saya pribadi
Seharusnya tulisan pada logo puma lebih baik digabungkan pada gambar puma atau disatukan membuat logo puma menjadi menarik dilihat, keren dan elegan, apalagi tulisan pumanya diwarnain warna seperti bendera jerman

3.      Background di logo Puma
   
  Pada background logo pumanya warna merah itu sudah menarik, tetapi disini saya pribadi menggantikan menjadi warna putih untuk memperpadukan pada gambar puma dan tulisannya untuk cocok dan lebih pas menariknya

    Saya harap setelah anda membaca blog ini dapat menambah wawasan anda dan juga semua yang saya tulis disini semuanya berasal dari opini saya pribadi tidak ada pihak manapun yang terlibat.Terima kasih sudah membaca blog saya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manusia Sebagai Makhluk Sosial Menurut Pandangan Islam

  “ Manusia Sebagai Makhluk Sosial”             Manusia dikatakan mahluk sosial yaitu mahluk yang di dalam hidupnya tidak bisa melepaskan diri dari pengaruh manusia lain. Manusia dikatakan mahluk sosial, juga di karenakan pada diri manusia ada dorongan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain. Ada kebutuhan sosial (social need) untuk hidup berkelompok dengan orang lain. Seringkali didasari oleh kesamaan ciri atau kepentingan masing-masing. Misalnya, orang kaya cenderung berteman dengan orang kaya. Orang yang berprofesi sebagai artis, cenderung mencari teman sesama artis.             Manusia sebagai makhluk sosial artinya manusia membutuhkan orang lain dan lingkungan sosialnya sebagai sarana untuk bersosialisasi. Bersosialisasi disini berarti membutuhkan lingkungan sosial sebagai salah satu habitatnya maksudnya tiap manusia saling membutuhkan satu sama lainnya untuk bersosialisasi dan berinteraksi.  Manusia pun berlaku sebagai makhluk sosial yang saling berhubungan dan ket

Modifikasi Logo Puma

MODIFIKASI  LOGO PUMA Adobe Photoshop atau biasa disebut Photoshop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh  fotografer   digital  dan perusahaan  iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama  Adobe Acrobat , dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3, versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4, versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5, dan versi terbaru adalah Adobe Photoshop CC. Pada tahun 1987,  Thomas Knoll , mahasiswa PhD di Universitas Michigan, mulai menulis sebuah program pada Macintosh Plus-nya untuk menampilkan gambar grayscale pada layar monokrom. Program ini, yang disebut