Langsung ke konten utama

Makalah "Nasehat Orangtua Kepada Anaknya"

MAKALAH
"ORANGTUA MEMBERIKAN NASIHAT KEPADA ANAKNYA"
Agung Wicaksono                                              50415299
Alvi Septian                                                        50415571
Bagus Panghegar Muh Abduh                         51415253
Fajar Sepdiannicha                                           52415440
Fauzi Setiawan                                                   52415569
M. Jalawisesa Hanantasena                              53415932
Randy Rossali                                                     55415644

PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi saat ini memang mengalami kemajuan yang sangat pesat, mulai dari perkembangan perangkat keras maupun perangkat lunak. Tidak terkecuali perangkat lunak dalam bidang desain animasi yang juga ikut terkena dampak berkembangnya teknologi. Salah satu perangkat lunak yang terus berkembang adalah blender, adobe after effect. Didalam animasi ini terdapat 3 karakter yaitu gendok, momsku, dan dosen-x dengan latar belakang kelas, ruang tamu, dan kamar tidur. Nah disini gendok dikasih tugas oleh dosennya di kelas, tetapi gendok tidak mengerjakan malah main terus, sampai-sampai gendok melupakan makan dan tidak menanggapi nasehat orang tua. Dan akhirnya deadline tugas gendok pun belum selesai dan gendok pun menyesal tidak menanggapi nasehat dari orang tua.
Adapun animasi yang akan dibahas dalam makalah ini adalah seputar video animasi 3D, yaitu tokoh kartun bernama udin. Dalam makalah ini dibuat untuk memberikan pengetahuan dasar kepada pembaca tentang bagaimana membuat video animasi 3D yang memberikan kesan positif bagi yang melihatnya menggunakan aplikasi blender.

PEMBAHASAN
Pembuatan animasi 3D ini memiliki beberapa tahapan yaitu:
1.                  Modeling yaitu membuat objek atau benda terlihat lebih hidup dan sesuai dengan obyek aslinya.
2.                  Texturing yaitu proses pembuatan dan pemberian warna material (texture) pada objek yang dimodelkan sebelumnya sehingga tampak kesan nyata.
3.                  Rigging atau pemberian tulang yang mana tulang-tulang tersebut nantinya dapat bergerak dan memiliki emosi yang sama seperti gerakan dan emosi (melalui mimik wajah) karakter aslinya.
4.                  Lighting yaitu proses pemberian cahaya pada model sehingga memperoleh kesan visual yang realistis seperti pembayangan objek pada suatu ruangan.
5.                  Environment effect yaitu pemberian efek pendukung layaknya sebuah background seperti pemanadangan langit dan lingkungan disekitar model (api, air, angina, kabut, dan efek-efek lainnya).
6.                  Rendering merupakan proses akhir dari pemodelan, dimana hasil akhir berupa output model yang telah diberi data-data sehingga hamper menyerupai aslinya yang tampak sangat nyata dan menarik.
7.                  Recording yaitu memasukan suara-suara yang diinginkan sesuai gambar pada video, seperti di dalam video suara gendok, dosen-x, dan momsku sesuai karakter.
Pada karakter, meja, kursi, dinding, lantai, dan yang lain-lain yang didalam video ini kami menggunakan aplikasi blender, sedangkan audio suara dari hp, suara karakter itu menggunakan aplikasi adobe after effect
Hasil Akhir

Karakter Gendok

Karakter Momsku

Karakter Dosen-X

Dosen-x memberikan tugas

Gedok menyesal tidak mengikuti nasehat dari orang tua
PENUTUP
    Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan dengan tahapan modeling, texturing, rigging, lighting, environment effect, sound, music dan rendering. Khususnya untuk anak-anak harus mendengar nasehat dari orang tua maupun itu sedikit
Daftar Pustaka
http://www.krisnamaulana.net/2015/05/bagi-yang-mengenal-aftereffect-pasti.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Logo Puma

Analisis Logo Puma         Logo merupakan suatu  gambar  atau sekadar  sketsa  dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari  perusahaan ,  daerah ,  organisasi ,  produk ,  negara ,  lembaga , dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari  nama  sebenarnya.          Logo harus memiliki  filosofi  dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut. PUMA adalah salah satu terkemuka Sports Brands di dunia, merancang, mengembangkan, menjual dan pemasaran sepatu, pakaian dan aksesoris. Selama lebih dari 65 tahun, PUMA telah membentuk sejarah membuat desain produk yang cepat untuk atlet tercepat di planet ini. PUMA menawarkan kinerja dan sportstyle produk dalam kategori seperti Football, Running, Pelatihan dan Kebugaran, Golf, dan Motorsports. Terlibat dalam kola

Manusia Sebagai Makhluk Sosial Menurut Pandangan Islam

  “ Manusia Sebagai Makhluk Sosial”             Manusia dikatakan mahluk sosial yaitu mahluk yang di dalam hidupnya tidak bisa melepaskan diri dari pengaruh manusia lain. Manusia dikatakan mahluk sosial, juga di karenakan pada diri manusia ada dorongan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain. Ada kebutuhan sosial (social need) untuk hidup berkelompok dengan orang lain. Seringkali didasari oleh kesamaan ciri atau kepentingan masing-masing. Misalnya, orang kaya cenderung berteman dengan orang kaya. Orang yang berprofesi sebagai artis, cenderung mencari teman sesama artis.             Manusia sebagai makhluk sosial artinya manusia membutuhkan orang lain dan lingkungan sosialnya sebagai sarana untuk bersosialisasi. Bersosialisasi disini berarti membutuhkan lingkungan sosial sebagai salah satu habitatnya maksudnya tiap manusia saling membutuhkan satu sama lainnya untuk bersosialisasi dan berinteraksi.  Manusia pun berlaku sebagai makhluk sosial yang saling berhubungan dan ket

Modifikasi Logo Puma

MODIFIKASI  LOGO PUMA Adobe Photoshop atau biasa disebut Photoshop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh  fotografer   digital  dan perusahaan  iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama  Adobe Acrobat , dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3, versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4, versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5, dan versi terbaru adalah Adobe Photoshop CC. Pada tahun 1987,  Thomas Knoll , mahasiswa PhD di Universitas Michigan, mulai menulis sebuah program pada Macintosh Plus-nya untuk menampilkan gambar grayscale pada layar monokrom. Program ini, yang disebut