Langsung ke konten utama

Makalah "Nasehat Orangtua Kepada Anaknya"

MAKALAH
"ORANGTUA MEMBERIKAN NASIHAT KEPADA ANAKNYA"
Agung Wicaksono                                              50415299
Alvi Septian                                                        50415571
Bagus Panghegar Muh Abduh                         51415253
Fajar Sepdiannicha                                           52415440
Fauzi Setiawan                                                   52415569
M. Jalawisesa Hanantasena                              53415932
Randy Rossali                                                     55415644

PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi saat ini memang mengalami kemajuan yang sangat pesat, mulai dari perkembangan perangkat keras maupun perangkat lunak. Tidak terkecuali perangkat lunak dalam bidang desain animasi yang juga ikut terkena dampak berkembangnya teknologi. Salah satu perangkat lunak yang terus berkembang adalah blender, adobe after effect. Didalam animasi ini terdapat 3 karakter yaitu gendok, momsku, dan dosen-x dengan latar belakang kelas, ruang tamu, dan kamar tidur. Nah disini gendok dikasih tugas oleh dosennya di kelas, tetapi gendok tidak mengerjakan malah main terus, sampai-sampai gendok melupakan makan dan tidak menanggapi nasehat orang tua. Dan akhirnya deadline tugas gendok pun belum selesai dan gendok pun menyesal tidak menanggapi nasehat dari orang tua.
Adapun animasi yang akan dibahas dalam makalah ini adalah seputar video animasi 3D, yaitu tokoh kartun bernama udin. Dalam makalah ini dibuat untuk memberikan pengetahuan dasar kepada pembaca tentang bagaimana membuat video animasi 3D yang memberikan kesan positif bagi yang melihatnya menggunakan aplikasi blender.

PEMBAHASAN
Pembuatan animasi 3D ini memiliki beberapa tahapan yaitu:
1.                  Modeling yaitu membuat objek atau benda terlihat lebih hidup dan sesuai dengan obyek aslinya.
2.                  Texturing yaitu proses pembuatan dan pemberian warna material (texture) pada objek yang dimodelkan sebelumnya sehingga tampak kesan nyata.
3.                  Rigging atau pemberian tulang yang mana tulang-tulang tersebut nantinya dapat bergerak dan memiliki emosi yang sama seperti gerakan dan emosi (melalui mimik wajah) karakter aslinya.
4.                  Lighting yaitu proses pemberian cahaya pada model sehingga memperoleh kesan visual yang realistis seperti pembayangan objek pada suatu ruangan.
5.                  Environment effect yaitu pemberian efek pendukung layaknya sebuah background seperti pemanadangan langit dan lingkungan disekitar model (api, air, angina, kabut, dan efek-efek lainnya).
6.                  Rendering merupakan proses akhir dari pemodelan, dimana hasil akhir berupa output model yang telah diberi data-data sehingga hamper menyerupai aslinya yang tampak sangat nyata dan menarik.
7.                  Recording yaitu memasukan suara-suara yang diinginkan sesuai gambar pada video, seperti di dalam video suara gendok, dosen-x, dan momsku sesuai karakter.
Pada karakter, meja, kursi, dinding, lantai, dan yang lain-lain yang didalam video ini kami menggunakan aplikasi blender, sedangkan audio suara dari hp, suara karakter itu menggunakan aplikasi adobe after effect
Hasil Akhir

Karakter Gendok

Karakter Momsku

Karakter Dosen-X

Dosen-x memberikan tugas

Gedok menyesal tidak mengikuti nasehat dari orang tua
PENUTUP
    Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan dengan tahapan modeling, texturing, rigging, lighting, environment effect, sound, music dan rendering. Khususnya untuk anak-anak harus mendengar nasehat dari orang tua maupun itu sedikit
Daftar Pustaka
http://www.krisnamaulana.net/2015/05/bagi-yang-mengenal-aftereffect-pasti.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Logo Puma

Analisis Logo Puma         Logo merupakan suatu  gambar  atau sekadar  sketsa  dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari  perusahaan ,  daerah ,  organisasi ,  produk ,  negara ,  lembaga , dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari  nama  sebenarnya.          Logo harus memiliki  filosofi  dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut. PUMA adalah salah satu terkemuka Sports Brands di dunia, merancang, mengembangkan, menjual dan pemasaran sepatu, pakaian dan aksesoris. Selama lebih dari 65 tahun, PUMA telah membentuk sejarah membuat desain produk yang cepat untuk atlet tercepat di planet ini. PUMA menawarkan kinerja dan sportsty...
Pembahasan Aplikasi Music dan Video Disini saya akan membahas dari tugas yang dikasih matkul SoftSkill , apa saja aplikasi yang saya memakai music atau pun video, dan masing-masing akan dijelaskan yang saya tau. Sebelum masuk ke penjelasan aplikasi music dan video yang saya pake, saya akan menjelaskan “apa itu multimedia?” dan “apa itu media?” sebagai berikut. Penggunaan komputer yang sebelumnya hanya digunakan sebagai peralatan pembantu dalam pekerjaan, seperti pengolah kata, aplikasi bisnis perkantoran, dan lain-lain, saat ini berkembang menjadi suatu sarana presentasi multimedia. Berbagai format multimedia yang dulu hanya dapat dinikmati lewat media analog sekarang banyak dilakukan pada media digital. Perkembangan multimedia yang sangat pesat memungkinkan banyak pihak untuk saling unjuk gigi membuat berbagai macamplatform maupun aplikasi untuk menjalankan berbagai macam format multimedia yang ada saat ini. Multimedia dalam pengert...